MAKALAH Arduino

MAKALAH

MICROPROCESSOR

 

Pengertian Arduino”

Disusun oleh:

Ika Kumala Dewi

(15.23.55201.034)

Program Study: INFORMATIKA

Dosen Pemb imbing :

Citra Kusuma .W ,S.ST

 

 

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS DARUL ‘ULUM JOMBANG

Jl.Gus Dur / Ex.Merdeka 29 A Jombang 61413 Po.Box. 1965

Telp. 0321-853436 Fax. 0321-854106

http: //undar.ac.id | email: undar.65@gmail.com

KATA PENGANTAR

 

 

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan Makalah dengan judul “Pengertian Arduino” sebagai tugas dari mata kuliah Microprocessor .

Selanjutnya makalah ini tidak dapat tersusun dengan baik tanpa pengarahan serta bimbingan dari seluruh pihak terkait, oleh karena itu ucapan terimakasih penulis haturkan kepada dosen, teman-teman, serta seluruh insan yang telah bersedia membantu dalam penyusunan makalah  ini.

Penulis mengakui bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, dengan dasar itu penulis mohon kritik serta saran yang bersifat membangun, untuk perbaikan penyusunan makalah ini.

Semoga laporan ini dapat bermanfaat, khususnya bagi diri penulis serta masyarakat pada umumnya.

 

 

 

Jombang, 27 September 2016

 

 

 Penulis


 

DAFTAR ISI

 

Lembar Judul………………………………………………………………………………… i

Kata Pengantar……………………………………………………………………………… ii

Daftar Isi ………………………………………………………………………………………. iii

BAB 1 PENDAHULUAN

  • Latar Belakang……………………………………………………………………. 1
  • Rumusan Masalah……………………………………………………………….. 2
  • Tujuan……………………………………………………………………………….. 2

BAB II PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Arduino………………………………………………………………. 3

2.2 Fitur-fitur Arduino……………………………………………………………….. 5

2.3 Kelebihan Arduino……………………………………………………………….. 7

2.4 Produk Arduino…………………………………………………………………… 8

 

BAB III PENUTUP

  • Kesimpulan………………………………………………………………………….. 9
    • Saran…………………………………………………………………………………… 9

DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………………… 10

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1  Latar Belakang

 

Pada jaman yang semakin maju dan modern ini, teknologi juga berkembang begitu pesat guna memenuhi kebutuhan hidup manusia. Dengan adanya perkembangan teknologi tentu saja ilmu Komputer juga berkembang. Dalam hal ini ilmu computer sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Hal ini mendorong manusia untuk membuat hardware dan software yang mendukung perkembangan teknologi dan ilmu computer dunia untuk memudahkan user dalam berkomunikasi dengan komputer. Arduino merupakan pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri.

Pengendali mikro (bahasa Inggrismicrocontroller) adalah sistem mikroprosesor lengkap yang terkandung di dalam sebuah chip. Mikrokontroler berbeda dari mikroprosesor serba guna yang digunakan dalam sebuah PC, karena di dalam sebuah mikrokontroler umumnya juga telah berisi komponen pendukung sistem minimal mikroprosesor, yakni memori dan antarmuka I/O, sedangkan di dalam mikroprosesor umumnya hanya berisi CPU saja

Dengan dasar itulah, penulis membuat Makalah dengan judul “Pengertian Arduino”.

 

 

1.2  Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah yang ada yaitu :

  1. Apakah maksud dari kata Arduino?
  2. Bagaimana fitur yang ada di Arduino?
  3. Apa kelebihan dari Arduino?
  4. Seperti apa produk Arduino?

 

1.3  Tujuan

  1. Untuk mengetahui arti kata Mikroprosesor .
  2. Untuk mengetahui fitur yang ada di Arduino.
  3. Untuk mempelajari kelebihan dari Arduino.
  4. Untuk mengetahui spesifikasi produk Arduino,.

BAB II

PEMBAHASAN

 

  • Pengertian Arduino

Proyek arduino berawal dilvre, italia pada tahun 2005. Sekarang telah lebih dari 120.000 unit terjual sampai dengan 2010. Pendirinya adalah Massimo Banzidan David Cuartiellez.

      Arduino adalah pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, yang di turunkan dari wiring platform, yang di rancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwernya memiliki prosesor atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri.

      Secara software -> Open source IDE yang digunakan untuk mendevelop aplikasi mikrokontroller yang berbasis arduino platform.

Secara Hardware -> Single board mikrokontroller yang bersifat open source hardware yang dikembangkan untuk arsitektur mikrokontroller AVR 8 bit dan ARM 32 bit.

Dari ke3 pengertian diatas , dapat disimpulkan bahwa Arduino adalah kit elektronik atau papan rangkaian elektronik open source yang didalamnya terdapat komponen utamaya itu sebuah chip mikrokontroller dengan jenis AVR. Mikrokontroller itu sendiri adalah chip atau IC (integrated Circuit) yang bisa diprogram menggunakan komputer. Tujuan menanamkan program pada mikrokontroller adalah agar rangkaian elektronik dapat membaca input, memproses input tersebut dan kemudian menghasilkan output seperti yang diinginkan. Jadi, mikrokontroller bertugas sebagai otak yang mengendalikan input, proses ,dan output sebuah rangkaian elektonik.

Hardware Arduino diprogram menggunakan bahasa pemrograman C/C++, yang sudah disederhanakan dan dimodifikasi Arduino mengikuti pola pemrogramsn Wiring (syntax dan library). Sementara untuk editor pemrograman nya (IDE – Intergrated Development Enviroment) dikembangkan dari Processing.

Dikembangkan oleh sebuah team yang beranggotakan orang-orang dari berbagai belahan dunia.anggota inti dari tim ini             Massimo Banzi Milano, Italy

David Cuartielles Malmoe, Sweden

Tom Igoe New York, US

Gianluca Martino Torino, Italy

David A. Mellis Boston, MA, USA

 

Software Arduino dapat dijalankan pada sistem operasi Windows, Macintosh OSX, dan Linux. Banyak sistem mikrokontroler lain hanya bisa dijalankan di Windows.

 

konfigurasi hardware arduino dibagi :

         block regulator 5 volt dan 3.3V

         block minimum sistem standar mikrokontroler

         block pin (analog, digital dan power)

         block ftdi untuk komunikasi dengan komputer

 

 


 

  • Fitur-fitur Arduino

Catu daya

  • VIN. Tegangan masukan untuk board Arduino apabila tidak sedang menggunakan USB. Misalnya dari adaptor. Anda juga dapat menyuplai tegangan Arduino pada jack DC yang tersedia.
  • 5V. Tegangan yang diregulasi. Ini bisa berasal dari tegangan masukan di pin VIN atau juga dari USB.
  • 3V3. Tegangan sebesar 3.3 volt yang dihasilkan dari chip FTDI (USB to TTL). Jumlah arus maksimum pada pin ini adalah 50 mA.

Input dan Output

Setiap 14 pin digital dan 6 pin analog pada Arduino dapat digunakan sebagai input dan output, yaitu menggunakan fungsi pinMode(), digitalWrite(), dan digitalRead(). Setiap pin beroperasi pada tegangan 5V. Arus maksimum pada setiap pin ini adalah 40mA dan memiliki resistor pull-up internal. Disamping itu ada beberapa pin yang khusus yaitu:

  • Analog: A0 sampai A6. Digunakan untuk membaca input analog dengan resolusi 10 bit atau dengan nilai antara 0 – 1023. Misalnya digunakan untuk membaca tegangan pada sensor, potensiometer, dan sebagai nya.
  • Serial: 0 (RX) dan 1 (TX). Digunakan untuk menerima dan mengirimkan serial data dalam bentuk TTL. Pin-pin tersambung dengan chip FTDI USB to TTL.
  • Interupsi ekternal: 2 dan 3. Pin-pin ini dapat dikonfigurasikan untuk memicu (trigger) interupsi pada keadaan low, rising/falling, atau change. Lihat penjelasan di fungsi attachInterrupt() untuk lebih jelas nya.
  • PWM: 3, 5, 6, 9, 10, dan 11. Menyediakan output PWM 8-bit yang dapat dioperasikan dengan fungsi analogWrite().
  • SPI: 10 (SS), 11 (MOSI), 12 (MISO), 13 (SCK). Pin-pin ini mendukung komunikasi SPI.
  • LED: 13. Disediakan LED yang terpasang ke pin digital 13.
  • I2C: 4 (SDA) dan 5 (SCL). Mendukung komunikasi I2C (TWI – Two Wire Interface) yang bisa dioperasikan menggunakan library Wire library.

 

Pin tambahan

  • AREF: Tegangan untuk input analog. Digunakan oleh fungsi analogReference().
  • Reset: Apabila pin ini diberi keadaan LOW, maka akan mereset mikrokontroler. Biasanya digunakan untuk menambahkan tombol reset pada shield agar memudahkan menekan tombol reset yang tertutup oleh shield.

 

 


 

  • Kelebihan Arduino
  • Tidak perlu perangkat chip programmer karena di dalamnya sudah ada bootloader yang akan menangani upload program dari komputer.
  • Sudah memiliki sarana komunikasi USB, sehingga pengguna Laptop yang tidak memiliki port serial/RS323 bisa menggunakan nya.
  • Bahasa pemrograman relatif mudah karena software Arduino dilengkapi dengan kumpulan library yang cukup lengkap.
  • Memiliki modul siap pakai (shield) yang bisa ditancapkan pada board Arduino. Misalnya shield GPS, Ethernet, SD Card, dll.

 

 

 


 

  • Produk Arduino

 

Spesifikasi:
– Microcontroller Atmel ATmega328
– Operating Voltage (logic level) 5 V
– Input Voltage (recommended) 7-12 V
– Input Voltage (limits) 6-20 V
– Digital I/O Pins 14 (of which 6 provide PWM output)
– Analog Input Pins 8
– DC Current per I/O Pin 40 mA
– Flash Memory 32 KB (ATmega328) of which 2 KB used by bootloader
– SRAM 2 KB (ATmega328)
– EEPROM 1 KB (ATmega328)
– Clock Speed 16 MHz
– Dimensions 0.73″ x 1.70″

 


BAB III

PENUTUP

 

  • KESIMPULAN

 

Arduino merupakan pengendali mikro single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform, dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. Hardwarenya memiliki prosesor Atmel AVR dan softwarenya memiliki bahasa pemrograman sendiri.

Hardware Arduino diprogram menggunakan bahasa pemrograman C/C++, yang sudah disederhanakan dan dimodifikasi. Arduino mengikuti pola pemrograman Wiring (syntax dan library). Sementara untuk editor pemrograman nya (IDE – Intergrated Development Enviroment) dikembangkan dari Processing.

 

  • Kritik dan Saran

 

Pada dasarnya penulisan makalah ini jauh dari sempurna, banyak kekurangan baik yang disengaja ataupun tidak. Maka dibutuhkan saran untuk meminimize kesalahan tentunya bagi penulis.Perkembangan teknologi mikrokontroler yang sangat pesat mengharuskan kita memilih Sistem minimum yang tepat guna menunjang fleksibilas kita dalam menyikapi perkembangan ini. Sistem minimum Arduino yang bersifat open source dapat digunakan siapa saja dan dapat dikembangkan seperti keinginan kita sendiri tanpa harus ada tekanan legalitas ataupun lisensi dari perusahaan pemegang lisensi tersebut. Dan semua kembali kita sendiri mau memakai sistem minimum yang seperti apa.

DAFTAR PUSTAKA

 

http://www.arduino.web.id/2012/03/tentang-arduino.html

http://panduan.anekarobot.com/apa-dan-mengapa-arduino.html

http://imarhu.wordpress.com/2012/04/09/apa-sih-arduino/

http://id.wikipedia.org/wiki/Pengendali_mikro

 

 

 

 

 

 

 

Penulis:

Sedang menempuh pendidikan di Fakultas Teknik Informatika Univrsitas Darul 'Ulum Jombang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s